PROFIL MADRASAH ALIYAH NURUS SHOLAH

A.      Sejarah Singkat Madrasah Aliyah Nurus Sholah

Madrasah Aliyah Nurus Sholah terletak di Dusun Batulabang Desa Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Nurus Sholah yang didirikan oleh KH. Moh. Zaini Syafiuddin, Lc. Beliau merupakan sosok yang tekun dan sabar dalam memperjuangkan nilai-nilai agama, sehingga beliau dapat diterima oleh masyarakat selain itu beliau telah mampu hadir di tengah-tengah masyarakat tradisional dan banyak melakukan penyadaran serta mampu menyebarluaskan agama islam yang murni sebagai misi utamanya

Beliau telah mendirikan beberapa lembaga formal dan non formal serta program unggulan, yaitu:

1.         Pendidikan Formal

a.         Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD)

b.        Raudhatul Atfal (RA)

c.         Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT)

d.        Madrasah Tsanawiyah (MTs)

e.         Madrasah Aliyah (MA)

f.          Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA)

g.        Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW)

h.        Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya (MDTU)

2.         Pendidikan non Formal

a.         Pondok Pesantren Putra

b.        Pondok Pesantren Putri

3.         Program Unggulan

a.         Kajian Kitab Kuning

b.        Metode Baca Kitab Kuning

c.         Markaz Huffadzil Quran (MHQ)

d.        Metodologi Pembelajaran

e.         Pengembangan Bakat dan Minat Baca Tulis  

Oleh karena itu Pada tahun 1998 beliau berinisiatif untuk membangun gedung Madrasah Aliyah sehingga beliau mengadakan rapat dengan beberapa Pengurus Yayasan, Asatidz, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat.

Alhamdulillah diawali dan didasari dengan adanya rapat tersebut mereka sepakat untuk mendirikan gedung Madrasah Aliyah, bertepatan pada tanggal 17 Juli 1998 dengan No. SK Pendirian Wm.06.04/PP.03.2/3372/SKP/1998 dan pada tanggal 01 Juli 2010 Madrasah ini mendapatkan SK Ijin Operasional dengan nomor SK: Kw.13.4/4/PP.00.6/674/2010.

Sedangkan Madrasah Aliyah Nurus Sholah sejak berdirinya (pada tahun 1989) sampai saat ini telah mengalami emapt kali pergantian Kepala Madrasah dengan rincian sbb:

1.         Drs Rusdin, M.Si, ia menjabat sebagai Kepala Madrasah dari tahun 1998 – 2006

2.         Sakrani, S.Pd.I, ia menjabat sebagai Kepala Madrasah dua kali priode, priode pertama pada tahun 2006 – 2011 dan pada priode kedua pada tahun 2013 – 2015

3.         Muzammil, S.H.I, ia menjabat sebagai Kepala Madrasah dari tahun 2011 – 2013. dan

4.         Muhammad Hasim, M.Pd, ia menjabat seagai Kepala Madrasah mulai Kamis 24 Desember tahun 2015 - sekarang  

 

B.       Profil Madrasah

1.    Data Umum Madrasah

a.    Nama Madrasah                             : MA. NURUS SHOLAH

b.    NSM                                               : 131235280037

c.    NPSN                                             : 20584408

d.    Status Madrasah                             : Swasta

e.    Waktu Belajar                                 : Pagi

f.     Jurusan                                           : IPS

g.    Tahun Didirikan/Beroperasi           : 1998

h.    NPWP                                            : 02.715.969.8-608.001

2.    Alamat Madrasah

a.    Dusun                                             : Batulabang

b.    Desa                                                : Akkor

c.    Kecamatan                                      : Palengaan     

d.    Kabupaten                                      : Pamekasan

e.    Propensi                                          : Jawa Timur

f.     Kode POS                                      : 69362

g.    Titik Kordinat                   

a)    Latitude (Lintang)                     : -7,118289

b)   Longitude (Bujur)                      : 113,469027

3.    Alamat Email Madrasah                     : ma.nurussholah2@gmail.com

4.    Dokumen Perijinan & Akreditasi Madrasah

a.    No. SK Pendirian                           : Wm.06.04/PP.03.2/3372/SKP/1998

b.    Tanggal SK Pendirian                    : 17 Juli 1998

c.    No. SK Ijin Operasional                 : Kd.15.22/2/PP.00.6/217/2016

d.    Tgl SK Ijin Operasional                 : 09 Februari 2016

e.    Status Akreditasi                            : Terakreditasi B

f.     No. SK Akreditasi                          : 200/BAP-S/M/SK/X/2016

g.    Tanggal SK Akreditasi                   : 25 Oktober 2016

5.    Data Kepala Madrasah

a.    Nama Kepala                                  : Muhammad Hasim, S.Pd.I., M.Pd

b.    Tempat Tanggal Lahir                   : Pamekasan, 14 Mei 1990

c.    Alamat                                            : Batulabang Akkor Palengaan Pamekasan

d.    Status Kepegawaian                       : Non PNS

e.    No Tlp/HP                                      : 085234449943 / 087850390811

f.     Email                                              : muhammadhasim05@gmail.com 

6.    Nama & No Rekening Madrasah

a.    Nama Bank                                    : Bank Syariah Mandiri (BSM)

b.    Nomor Rekening                            : 7096175398

7.    Penyelenggara Madrasah

a.    Nama Yayasan                               : Yayasan Nurus Sholah

b.    No. Akte Pendirian Yayasan          : -47-

8.    Keberadaan Tanah (Status Kepemilikan)

a.    Kepemilikan Tanah                        : Milik Yayasan

b.    Status Tanah                                   : Wakaf

c.    Luas Tanah                                     : 7425 M2

d.    Luas bangunan                               : 336 M2

 

C.      Visi, Misi & Tujuan Madrasah

1.    Visi Madrasah

Terwujudnya generasi islami dengan iman yang kuat , akhlak yang terpuji dan ilmu yang mendalam”,

dengan indikator:

a.    Siswa mampu melaksanakan ibadah mahdzah dan ghairu mahdzah dengan baik & benar

b.    Sopan santun terhadap guru, sesama, keluarga dan masyarakat

c.    Siswa mampu meningkatkan kompetensi akademik dan non akademik

d.    Menjadikan Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapatkan kepercayaan masyarakat

2.    Misi Madrasah

Untuk mewujudkan visi, madrasah ini memiliki misi, sebagai berikut:

1.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

2.    Menumbuh kembangkan semangat menuntut ilmu (Agama Islam) dan pengamalannya

3.    Menumbuh kembangkan nilai-nilai akhlaqul karimah di lingkungan madrasah dan di luar madrasah

4.    Melaksanakan pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.

5.    Membantu, memotivasi, dan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya sehingga dapat dikembangkan dengan baik dan memiliki daya saing yang tinggi.

6.    Mewujudkan Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapatkan kepercayaan masyarakat.

3.    Tujuan Pendidikan Madrasah

Berdasarkan visi dan misi madrasah, tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

1.    Membentuk siswa dan alumni yang beriman dan bertaqwa

2.    Membentuk siswa dan alumni yang sehat jasmani dan rohani, serta disiplin yang tinggi

3.    Membentuk siswa dan alumni yang berakhlaqul karimah pada guru, sesama, keluarga dan masyarakat

4.    Membentuk siswa dan alumni yang cerdas, berpengetahuan dan menguasai sains serta teknologi

5.    Membentuk siswa dan alumni yang mempunyai motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan cita-cita

6.    Membentuk siswa dan alumni yang mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.

 

D.      Data Pendidik & Tenaga Kependidikan dan Mata Pelajaran yang diampu

No

Nama

Jabatan

Mapel Yang Diampu

1

Muhmammad Hasim, S.Pd.I., M.Pd

Kepala Madrasah

Bahasa Arab

2

Moh. Hafidl, S.Psi

Waka Kurikulum & Operator

BK

3

Khusnol Mufiq, S.Pd., M.Pd

Waka Kesiswaan

Bahasa Inggrisn

4

Novita Hadiyana, S.Pd

Waka Humas

Bahasa Inggris

5

Imam Buhari, S.Kom

Ka. Tata Usaha

TIK

6

Mohammad Nasib, S.Sos

Koordinator Ekstrakurekuler

Sosiologi

7

Abdul Mu`in, S.H.I

Pembina OSIM

Fikih

8

Sakrani, S.Pd.I

Guru

Sejarah

9

Abdul Azis, S.Pd.I

Guru

Metodologi Pembelajaran

10

Muzammil, S.H.I

Guru

Bim. Calon GT

11

Junaidi, S.Pd

Guru

Seni Budaya

12

Munawwir Ghazali, S.Pd

Guru

Penjaskes

13

Fawaid Hidayatullah, M.Pd

Guru

Quran Hadist

14

Abdul Azis, S.Pd

Guru

Matematika

15

Muhammad Toriq Ziyadi, M.Pd

Guru

Matematika

16

Taufiqur Rahman, S.Pd

Guru

Biologi

17

Shovy Umul Isnaini, S.Pd.

Guru

Geografi

18

Ana Khoiriyah Rusdiyan, S.Pd

Guru

Fisika

19

Ajeng Jaya Ratih Purwandari, S.Pd

Guru

Ekonomi

20

Alfiah, S.Pd

Guru

Bahasa Indonesia

21

Rummanah, S.Pd

Guru

PKn

22

Ernawati Ningsih, S.Pd

Guru

Kimia

23

Kholidah, S.Pd.I

Guru

SKI

24

Moh Ali Wafa, S.E

Guru

Ekonomi

25

Vera Indriana, S.Pd

Guru

Sejarah

 

·         Para pendidik dan tenaga kependidikan yang direkrut adalah para sarjana yang profesional dan kompeten dibidangnya.

·         Para pendidik dan tenaga kependidikan rata-rata pernah mengenyam dan menimba ilmu di pondok pesantren

·         Kurikulum yang dipakai di Madrasah Aliyah Nurus Sholah ini menggunakan kurikulum perpaduan antara kurikulum pemerintah (Kementrian Agama) dan kurikulum pesantren/ muatan lokal

E.      Kode Etik Guru

1.    Etika Guru dalam Berpakaian

a.         Guru wajib berpakaian rapi sesuai dengan profesi guru (baju wajib ditaruh didalam kecuali batik, memakai celana panjang, sabuk, sepatu formal dan kopyah Nasional) bagi guru pria serta bagi guru wanita (memakai jilbab, rok, sepatu formal dan dandanan serta perhiasan/asesoris yang sesuai dengan pakaian dan yang tidak berlebihan

b.         Guru harus senantiasa berpenampilan bersih, rapi dan segar agar tidak menimbulkan masalah sosial yang dapat mengganggu di ruang kantor atau di ruang kelas.

2.    Etika Guru terhadap Komitmen Waktu

a.         Guru harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap waktu (masuk dan keluar kelas sesuai waktu yang telah ditentukan)

b.         Guru harus menginformasikan kepada Kepala Madrasah/ Waka Kurikulum apabila berhalangan masuk sebelum KBM dimulai

3.    Etika Guru dalam Melaksanakan Tugas

a.         Guru setiap mengajar, wajib membawa perlengakapan mengajar antara lain; Daftar Hadir Siswa, Buku Pegangan Guru, Daftar Nilai, dll.

b.         Guru pada awal proses pembelajaran berkewajiban untuk menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan disampaikan.

c.         Guru berkewajiban menyampaikan buku acuan mareti yang digunakan.

d.         Guru wajib membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP)

e.         Guru wajib mengembangkan RPP atau metode belajar mengajar sebagai bentuk inovasi pembelajaran.

f.          Dalam membuat RPP guru harus mengacu pada kurikulum yang sudah ditetapkan dan tujuan pengajaran dalam rangka mencapai tujuan akhir yakni lulusan yang terbaik.

g.         Selama menyampaikan materi sebaiknya tidak hanya duduk di kursi

h.         Guru harus terbuka untuk menerima pertanyaan mengenai mata pelajaran baik di ruang kelas maupun di luar kelas dan terbuka menerima perbedaan pendapat

i.           Guru wajib terbuka, jujur dan adil memberikan penilaian kepada siswa.

j.           Guru dilarang menerima hadiah atau pemberian dalam bentuk apapun yang berpengaruh terhadap nilai.

k.         Guru menggunakan kata ganti sapaan kepada siswa baik di dalam maupun di luar kelas dengan kata anak/ namanya/ panggilan yang ia senangi

l.           Guru menggunakan kata ganti dirinya dalam berkomunikasi dengan sesama guru, pegawai dan siswa baik di dalam maupun di luar kelas dengan kata saya.

m.       Guru dilarang merokok ketika sedang mengajar

4.    Lain-Lain

a.         Guru wajib mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Madrasah dan Yayasan. NS

b.         Sebelum mengajar hendaknya diperhatikan terlebih dahulu, kebersihan kelas, kerapian siswa, absensi siswa serta semua perlengkapan belajar siswa.

c.         Kehadiran Guru dalam 1 Semester minmal 85%

d.         Hal-hal lain akan diatur kemudian

 

F.       Tata Tertib Siswa

1.    Kewajiban

a.         Siswa/i diwajibkan patuh pada guru dan berakhlaqul karimah kepada siapapun (45)

b.         Siswa/i diwajibkan membeli seragam madrasah di tempat yang telah ditunjuk oleh pihak madrasah (5)

c.         Siswa/i diwajibkan memiliki semua peralatan belajar (5)

d.         Siswa/i diwajibkan berseragam lengkap dan rapi dengan atribut sesuai dengan yang ditentukan oleh madrasah (5)

e.         Siswa/i diwajibkan aktif dan disiplin (5)

f.          Siswa/i diwajibkan membeli surat ijin apabila tidak bisa masuk madrasah (5)

g.         Siswa/i diwajibkan memiliki buku catatan untuk masing-masing mata pelajaran (5)

h.         Siswa/i diwajibkan menyimak dan focus ketika guru menjelaskan pelajaran (5)

i.           Siswa/i diwajibkan mencatat materi pelajaran (5)

j.           Siswa/i diwajibkan bertanya apabila ada pelajaran yang kurang difahami (0)

k.         Siswa/i diwajibkan membaca do'a setiap mau memulai dan mengakhiri pelajaran (0)

l.           Siswa/i diwajibkan aktif mengikuti semua kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh madrasah baik intra atau ekstra (5)

m.       Siswa/i diwajibkan menjaga 7 K (Ketaqwaan, Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan dan Kerindangan)

n.         Siswa/i diwajibkan shalat berjamaah dzhuhur dan sholat dhuha

2.    Larangan

a.         Siswa/i dilarang pacaran (50)

b.         Siswa/i dilarang mencuri (45)

c.         Siswa/i dilarang bertengkar (30)

d.         Siswa/i dilarang membawa senjata tajam dan sejenisnya (50)

e.         Siswa/i dilarang membawa NAPZA (45)

f.          Siswa/i dilarang membawa buku bacaan / gambar yang berbau purno (45)

g.         Siswa/i dilarang membawa alat elektronik dan sejenisnya (30)

h.         Siswa/i dilarang melawan/ menentang terhadap guru dalam bentuk apapun (45)

i.           Siswa/i dilarang ugal-ugalan dan/atau boncengan dengan lain jenis, kecuali mahram (15)

j.           Siswa/i dilarang duduk berdekatan (kholwat) dengan lain jenis (15)

k.         Siswa/i dilarang duduk di atas meja dan/atau di kursi guru (10)

l.           Siswa/i dilarang boncengan lebih dari satu orang (10)

m.       Siswa/i dilarang bolos (10)

n.         Siswa/i dilarang makan/minum dalam kelas (5)

o.         Siswa/i dilarang berpenampilan yang tidak islami dan tidak sesuai dengan etika santri/siswa (5)

p.         Siswa/i dilarang gaduh di dalam kelas (5)

q.         Siswa/i dilarang tidur di dalam kelas (5)

r.          Siswa/i dilarang memakai aksesoris atau make up yang berlebihan (5)

s.          Siswa/i dilarang membuang sampah sembarangan (bukan pada tempatnya) (10)

t.           Siswa/i dilarang merokok pada jam sekolah (10)

u.         Semua hal-hal yang dilarang oleh syari`at islam dan yang tidak sesuia dengan nilai-nilai kesopanan dan kepatutan (20)

3.    Anjuran

a.         Siswa/i dianjurkan membaca semua mata pelajaran yang akan diajarkan besok hari dan mempersiapkannya sejak malam hari di rumah/asrama

b.         Siswa/i dianjurkan berangkat ke madrasah dengan niat mencari ilmu dan barokah serta melangkah diawali dengan kaki kanan dan membaca basmalah

c.         Siswa/i dianjurkan memperbanyak dzikir, sholawat, dan do'a ketika di perjalanan menuju madrasah

d.         Siswa/i dianjurkan memasuki halaman madrasah dengan hati senang dan jiwa yang tenang

e.         Siswa/i dianjurkan memasuki ruang kelas dengan diawali kaki kanan dan membaca basmalah, salam, sholawat, dan surat Al-Ikhlas

f.          Siswa/i dianjurkan selalu bertegur sapa dengan senyum dan santun dengan teman-temannya

g.         Siswa/i dianjurkan melangkah dengan diawali kaki kiri serta membaca hamdalah apabila keluar kelas

h.         Siswa/i dianjurkan membaca kembali semua materi pelajaran yang telah diajarkan di pagi hari pada sore harinya di rumah/asrama

i.           Siswa/i dianjurkan bias menghatamkan satu buku bacaan sekurang-kurangnya satu minggu sekali

j.           Siswa/i dianjurkan mengikuti perkembangan informasi local, nasional, dan internasional.

k.         Siswa/i dianjurkan membawa tas

l.           Siswa/i dianjurkan berjabatan tangan (sowan) pada semua guru

 

G.      Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Siswa/i MA. Nurus Sholah

NO

BOBOT

SANKSI

KET

1

5 – 20

Ditegur

 

2

20 – 50

Dipanggil Menghadap Kepala Madrasah

 

3

50 – 75

Diselesaikan Melalui Wali Murid

 

4

75 – 90

Dipanggil Menghadap Pengasuh

 

5

90 – 95

Tidak Naik Kelas

 

6

95 – 100

Dikeluarkan

 

 

H.      Lain-lain

Rincian Tugas Struktur Kepengurusan MA. Nurus Sholah

1.    Pengasuh/ Pembina

a.         Pimpinan tertinggi di yayasan Nurus Sholah

b.         Pengasuh merupakan pelindung, pembina, pengarah, pengendali dan penentu kebijakan

c.         Pengasuh dapat membatalkan keputusan-keputusan hasil rapat dewan guru dan pengurus apabila dinilai bertentangan dengan prinsip-prinsip perjuangan yayasan dan pesantren.

2.    Kepala Madrasah

a.         Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengelolaan madrasah menyangkut kesiswaan, kurikulum, humas, sarana prasarana, administrasi ketatausahaan, perpustakaan dan lain-lain.

b.         Memimpin rapat pleno, rapat program kerja, rapat koordinasi dan rapat evaluasi

c.         Memimpin dan mengkoordinasikan semua unsur di lingkungan madrasah dan memberikan bimbingan, arahan, kebijakan serta petunjuk dalam pelaksanaan tugas personil.

d.         Mengatur dan mengawasi pelaksanaan program-program madrasah

e.         Mengatur dan membina kerjasama yang baik antar pengurus, guru dan masyarakat

f.          Mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada petugas yang ditunjuk.

g.         Melaksanakan supervisi dan pengawasan KBM yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program tahunan, semesteran, bulanan dan mingguan (jangka panjang, menengah dan pendek).

h.         Mengadakan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program-program pengurus dan guru.

i.           Memberikan teguran kepada pengurus dan guru yang melanggar ketentuan hasil rapat dan tata tertib madrasah.

j.           Memberikan motivasi dan apresiasi terhadap pengurus dan guru.

3.    Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan

a.         Bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan siswa

b.         Menyusun, melaksanan serta mensosialisasikan tata tertib madrasah pada siswa

c.         Mengupayakan terciptanya suasana yang kondusif dan aman di lingkungan madrasah

d.         Mengontrol dan mengadakan penyidangan serta memberi sangsi pada siswa yang melanggar tata tertib madrasah (baik yang tertulis atau tidak tertulis)

e.         Mencatat dan merekap segala macam bentuk pelanggaran dalam buku kasus

f.          Melakukan sidak secara berkala terhadap kerapian dan kedisiplinan siswa serta hal-hal lain yang telah di atur dalam tata tertib madrasah

g.         Mendelegasikan siswa untuk menghadiri undangan serta mengikutsertakan ketika ada even-even lomba baik internal atau eksternal

h.         Bersama waka kurikulum mengarahkan calon siswa lulusan untuk melanjutkan ke universitas

i.           Menyusun program kerja dalam jangka panjang, menengah dan pendek yang berkaitan dengan penumbuhan dan pengembangan bakat dan minat siswa

j.           Bersama wali kelas mengecek daftar hadir siswa/ absensi kelas, shalat duha dan shalat berjamaah dzuhur serta semua kegiatan yang di selenggarakan madrasah atau yayasan

k.         Meminta dan menerima laporan secara berkala dari masing-masing ketua kelas

l.           Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala

4.    Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum

a.         Bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran

b.         Bersama KTU menyiapkan perangkat pembelajaran sebelum aktif KBM (Absensi siswa, daftar nilai siswa, kalender pendidikan dll) 

c.         Bersama KTU Mengkoordinir buku ajar sebelum pelaksanaan KBM

d.         Mengecek secara berkala tentang perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Prota, Promes, KKM, Kalender Pendidikan dan lain-lain)

e.         Menyusun, mengatur dan mensosialisasikan jadwal pelajaran dan pembagian tugas guru

f.          Mengatur jadwal ulangan harian, PTS, PAS, USBN, UAMBN & UN serta mengkoordinir pelaksanaannya

g.         Mengkoordinasikan dan mensosialisasikan kegiatan kurekuler dan ekstra kurekuler serta target Kurikulum

h.         Menyusun kreteria ketuntasan minimal, kenaikan kelas dan lulusan

i.           Merencanakan, melaksanakan, mensosialisasikan kegiatan dan program yang berkaiatan dengan kurikulum

j.           Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala.

5.    Wakil Kepala Madrasah Urusan Humas

a.         Menjaga hubungan yang harmonis sesama warga madrasah, masyarakat dan lingkungan sekitar.

b.         Mengatur dan menyelenggarakan hubungan madrasah dengan orang tua/ wali siswa dan masyarakat secara harmonis

c.         Mengatur dan membuat jadwal pertemuan rutin dan berkala dengan orang tua/ wali siswa dan masyarakat

d.         Mencatat dan menampung pengaduan, keluhan, masukan, saran, dan krtikan dari orang tua/ wali siswa dan masyarakat serta mencari solusinya

e.         Aktif membantu wali kelas dan kesiswaan dalam menangani kasus-kasus siswa dan mencarikan solusinya.

f.          Membantu bendahara dalam hal pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia

g.         Menyusun program dalam rangka menjalin hubungan dengan alumni

h.         Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala.

6.    Kepala Tata Usaha

Kepala Tata Usaha madrasah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan madrasah dan bertanggungjawab kepada kepala madrasah meliputi kegiatan-kegiatan sbb:

a.         Administrasi umum

1.        Membuat surat menyurat baik internal maupun eksternal

2.        Mencatat hasil-hasil keputusan rapat, termasuk semua usulan/ masukan, kritik dan saran

b.         Administarasi perlengkapan

1.        Melengkapi dan memelihara alat tulis kantor dan buku-buku administrasi madrasah (buku notulen rapat, buku induk siswa, buku induk siswa lulusan, buku kasus siswa, buku tamu, buku pedoman pengurus dan guru dan lain-lain)

2.        Membuat, melengkapi dan memelihara papan bagan organisasi

3.        Mendokumentasikan arsip, foto-foto kegiatan madrasah

4.        Koordinasi dengan bendahara dalam rangka pengadaan barang – barang serta pendistribusiannya

5.        Membuat daftar inventaris perlengkapan madrasah dan melaporkan secara berkala

c.         Administrasi kesiswaan

1.        Mengisi Buku Induk Siswa

2.        Menyususn absen dengan rekapitulasi absen siswa

3.        Menyelenggarakan administrasi mutasi masuk dan mutasi keluar siswa

4.        Membuat dan mengisi daftar nilai siswa pada buku induk siswa

5.        Menyusun dan mendata serta mengecek/ mengupdate data siswa secara berkala

d.         Administasi kepegawaian

1.        Menyiapkan file guru/pegawai yang diperlukan

2.        Menyiapkan buku induk pegawai

3.        Meyelenggarakan daftar hadir/ absen guru dan pengurus

7.    Operator Madrasah

a.         Mengelola dan menginput data peserta didik, data peribadi/ personal guru, dan profil lembaga pada layanan simpatika dan sejenisnya

b.         Mengurus administrasi kelengkapan yang dibutuhkan di simpatika

c.         Bersama waka kesiswaan memfasilitasi layanan kepada peserta didik yang mau melanjutkan ke Universitas

d.         Bertanggung jawab dalam hal perubahan data personal guru (NUPTK/NPK & Verval)

e.         Berkoordonasi dengan kepala Tata Usaha yang berkaitan dengan data

f.          Membuat laporan secara berkala

8.    Wali Kelas

a.         Bertanggungjawab terhadap kelas

b.         Menyelenggarakan dan menyusun administrasi kelas meliputi:

1)        Struktur Organisasi Pengurus Kelas

2)        Jadwal Pelajaran di kelas

3)         Daftar Piket Kelas

4)        Denah tempat duduk siswa

5)        Papan Absen siswa

6)        Tata Tertib siswa di kelas

7)         Buku Kemajuan Belajar

8)        Buku Mutasi Kelas

9)        Buku Peta Kelas

10)    Buku Inventaris barang-barang di kelas

11)    Buku Daftar Siswa Berprestai  di kelas

c.         Memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh baik di madrasah maupun di luar madrasah

d.         Memantapkan siswa di kelasnya, dalam melaksanakan tatakrama, sopan santun, tata tertib baik di madrasah maupun di luar madrasah.

e.         Menangani / mengatasi hambatan dan gangguan terhadap kelancaran kegiatan kelas dan atau kegiatan madrasah pada umumnya.

f.          Mengerahkan siswa di kelasnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan madrasah seperti Upacara Bendera, khitabah, class meeting, studium general, Pertandingan dll

g.         Membimbing siswa kelasnya dalam melaksanakan kegiatan Ekstrakurikuler (Peran serta kelas dalam hal pengajuan calon pengurus OSIS, pemilihan ketua kelas, pemilihan siswa berprestasi, acara kelas, dll ).

h.         Bersama waka humas Melakukan Home Visit (kujungan ke rumah / orang tua) atau keluarganya.

i.           Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas/ lulusan bagi siswa di kelasnya.

j.           Mengisi dan menginput serta membagikan Buku Laporan Pendidikan (Rapor) kepada siswa/ Wali siswa.

k.         Mengarahkan siswa agar peduli dengan kebersihan dan peduli dengan lingkungannya

9.    Petugas Keuangan/ Bendahara

a.         Mengatur, mengendalikan dan mencatat penerimaan dan pengeluaran keuangan.

b.         Bersama kepala madrasah menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja kegiatan

c.         Membuat pembukuan pendanaan secara rinci dan jelas (transparan)

d.         Membuat kartu/kwitansi pada semua jenis pembayaran

e.         Menghimpun/ menyimpan semua jenis kwitansi pembelian (pengeluaran)

f.          Meminta persetujuan kepala madrasah sebelum mengeluarkan dana

g.         Membuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) internal dan eksternal secara berkala

10.     Kepala Perpustakaan

a.         Bertanggungjawab atas terlaksananya program perpustakaan

b.         Menyusun program kerja dan jadwal kegiatan perpustakaan

c.         Melayani peminjaman dan pengembalian buku kepada pengunjung perpustakaan

d.         Membuat, melengkapi dan memelihara kebutuhan kelengkapan ruang perpustakaan

e.         Membuat rancangan penambahan koleksi buku perpustakaan (buku pelajaran, fiksi, non fiksi, dan buku refrensi)

f.          Membuat kartu perputakaan, kartu peminjaman dan pengembalian buku, buku catatan peminjaman dan pengembalian buku,  buku tamu, buku pengunjung dll

g.         Mengelola administrasi perpustakaan serta membuat daftar inventaris perpustakaan

h.         Membuat laporan secara berkala.

11.     Pembina OSIS

a.         Bertanggungjawab atas terlaksananya program OSIS

b.         Menyusun program kerja dan jadwal kegiatan OSIS

c.         Membimbing, membina, mengarahkan dan mengawasi setiap kegiatan OSIS baik di dalam madrasah atau di luar madrasah

d.         Bersama waka kesiswaan menegakkan kedisiplinan dan tata tertib madrasah

e.         Bersama waka kesiswaan mendelegasikan Anggota OSIS untuk menghadiri undangan serta mengikutsertakan ketika ada even-even lomba.

f.          Membuat laporan secara berkala.

12.     GURU

Guru bertanggungjawab kepada Kepala Madrasah, dan mempunyai tugas pokok dan bertanggung  jawab  melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.

Tugas pokok dan fungsi guru adalah sebagai berikut :

a.         Membuat dan menyusun program/ perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, Prota, Promes, KKM dan lain-lain).

b.         Menyusun alat penilaian dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

c.         Membuat dan mengisi daftar nilai siswa

d.         Melaksanakan Analisis Hasil Belajar.

e.         Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

f.          Melaksanakan kegiatan bimbingan siswa dalam proses belajar mengajar.

g.         Membuat atau menggunakan alat peraga dalam kegaiatan belajar mengajar.

h.         Melakukan invosi serta kreativitas yang menumbuhkan bakat dan minat belajar siswa.

i.           Mengikuti kegiatan pengembangan Kurikulum.

j.           Melakukan pengembangan setiap bidang studi yang menjadi tanggungjawabnya.

k.         Membuat buku ajar siswa.

l.           Membuat catatan – catatan tentang kemajuan belajar siswa yang dibina.

m.       Melakukan /mengatur ruang kelas, ruang praktikum agar terjaga kebesihan dan keindahan, keamanan, ketertiban serta kenyamanan bagian setiap guru mengajar.

n.         Aktif dan disiplin waku mengajar agar target ketuntasan tercapai.

o.         Mematuhi kode etik profesional guru.

p.         Mengikuti semua kegiatan yang diselenggarakan oleh madrasah dan yayasan.

 

 

Mengetahui:

Kepala Madrasah

 

 

 

MUHAMMAD HASIM, S.Pd.I., M.Pd


0 Komentar